Sabtu, 03 Desember 2011

Pengertian kulit
Kulit adalah organ yang paling liuas pada tubuh, mewakili kira-kira 16% dari berat badan orang dewasa. Kulit merupakan organ satu-satunya yang dapat digosok, dipijat, diregangkan, dan dicium. Kulit bersifat fleksibel dan tahan terdapat perubahan-perubahan yang terjadi sepanjang kehidupan sehari-hari. Tanpa fleksibilitas ini, suatu jabatan tangan yang sederhana akan menimbulkan pengelupasan kulit akibat regangan dan tekanan. Karena kulit dapat terlihat sangat jelas, kulit tersebut bertindak sebagai suatu suatu jendela terhadap kematian seseorang. Walaupun benar bahwa tidak seorangpun meninggal karena kulit yang sudah tua atau terjadi kegagalan kulit karena suatu diagnosis, pemahaman tentang bukti-bukti perubahan fisiologis pada kulit seiring peningkatan usia memberikan banyak informasi bagi perawat tentang klien lansia.
Kulit  tersusun 3 bagian : epidermis , dermis , dan maringan subkutan (gbr.53-1) setiap lapisan akan semakin berdiferensiasi (menjadi masak dan memiliki fungsi yang lebih spesipik ) ketika tumbuh dari lapisan statrum greminativum basalis ke lapisan stratum korneum yang letak nya paling luar epidermis membentuk lapisan paling luar dengan ketebalan sekitar 0,1 mm pada kelopak mata sehinggga sekitar 1 mm pada telapak  tangan dan kaki (Morton , 1993 ) lapisan eksternal sel sel epitel berlapis ini terutama tersusun dari keratinosit .
Epidermis yang bersambung dengan membrane mukosa dan dinding saluran telinga terdiri atas sel-sel hidup yang selalu membelah dan pada permukaannya  di tutupi oleh sel – sel mati yang asalnya lebih dalam pada dermis tetapi kemudian terdorong ke atas oleh sel – sel yang baru tumbuh dan lebih berdiferensiasi yang berada di bawah nya lapisan external ini hamper seluruh nya akan di ganti setiap 3 hingga 4 minggu sekali . sel – sel mati mengandung sejumlah besar keratin yaitu protein fibrous insoluble  yang membentuk barrier paling luar kulit dan memiliki kemampuan untuk mengusir mikroorganisme pathogen serta mencegah kehilangan cairan yang berlebihan dari tubuh ( Holkbrook ,1991) keratin merupakan unsur utama yang mengeraskan rambut dan kuku melanosit merupakan sel – sel khusus epidermis yang terutama terlibat dalam produksi pigmen melanin yang mewarnai kulit dan rambut . semakin bnyak melanin , semakin gelap warna nya



sumber : pundamental of nursing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar